Madrid Dekati Barcelona

Bookmark and Share

MADRID — Real Madrid kembali mendekati Barcelona setelah menang 3-0 atas Athletic Bilbao dalam laga lanjutan Liga BBVA, Sabtu atau Minggu (10/4/2011) dini hari WIB. Berkat kemenangan ini, Madrid memangkas jarak dari Barcelona menjadi lima poin.

Madrid tetap berada di posisi kedua dengan 76 poin, sedangkan Barcelona masih memimpin klasemen sementara dengan 81 poin. Namun, selisih poin ini bisa saja kembali bertambah jika Barcelona berhasil menekuk Almeria seusai pertandingan ini.

Pelatih Madrid, Jose Mourinho, melakukan banyak perubahan pemain dalam skuadnya. Ia tak memainkan Mesut Oezil, Cristiano Ronaldo, Xabi Alonso, Marcelo, Ricardo Carvalho, Sami Khedira, dan Emmanuel Adebayor agar bisa fit di leg kedua Liga Champions, Rabu nanti. Untuk mengganti ketujuh pemain ini, Mourinho memasang Gonzalo Higuain, Raul Albiol, Alvaro Arbeloa, Ricardo Kaka, Esteban Granero, Ezequiel Garay, dan Lassana Diarra.

Yang mengejutkan, Madrid menerapkan pola bertahan dengan memainkan lima pemain belakang dan satu gelandang bertahan. Meski begitu, Madrid tetap menekan. Bahkan, mereka mampu unggul terlebih dahulu pada menit ke-14 lewat tendangan penalti.

Penalti diberikan setelah kiper Bilbao, Gorka Iraizoz, maju melanggar Angel Di Maria di kotak terlarang. Kaka yang menjadi algojo berhasil menundukkan Irazoiz.

Higuain hampir saja menggandakan kedudukan pada menit ke-26. Umpan terobosan dari Kaka mengarah tepat ke kaki pemain asal Argentina tersebut. Setelah sempat membawa bola terlebih dulu, Higuain lalu melepaskan tendangan ke arah gawang. Sayang, bola hasil tendangannya berhasil ditahan Irazoiz dengan kakinya.

Selang satu menit kemudian, Higuain kembali mendapatkan peluang emas. Irazoiz hampir membuat blunder dengan maju meninggalkan sarangnya untuk menghadang pergerakan Di Maria. Sialnya, bola yang hendak dibuang oleh Irazoiz malah jatuh ke kaki Higuain. Beruntung bagi Bilbao, Higuain kurang tenang dalam memanfaatkan peluang emas ini sehingga bola hasil tendangannya masih melambung jauh di atas mistar gawang Bilbao yang sebenarnya sudah kosong.

Bilbao bukan tanpa peluang. Pada menit ke-34, Iker Munain melepaskan tendangan kaki kanan yang mengarah ke sudut kiri gawang Madrid. Namun, upaya Munain berhasil digagalkan oleh kiper Iker Casillas yang sigap memblok bola tendangan Munain.

Pada menit ke-43, Bilbao kembali mendapat peluang. Memanfaatkan umpan dari Fernando Llorente, Carlos Gurpegui berhasil menendang bola dengan kaki kirinya. Lagi-lagi, bola masih melenceng ke sisi kanan gawang Madrid.

Pada babak kedua, Bilbao mengambil inisiatif serangan. Pertandingan baru berjalan tiga menit, Bilbao sudah mendapatkan peluang melalui tandukan Llorente. Sayang, bola hasil tandukannya jatuh tepat ke dalam pelukan Casillas.

Petaka bagi Bilbao terjadi pada menit ke-53 setelah Xabier Castillo melanggar Di Maria. Kaka yang kembali jadi algojo untuk kedua kalinya berhasil menundukkan Irazoiz, yang bergerak ke kiri, dengan menempatkan bola ke tengah gawang, 2-0.

Bilbao makin terpuruk setelah pemain pengganti Cristiano Ronaldo mencetak gol ketiga Madrid pada menit ke-70. Menerima umpan lambung dari Lassana Diara, Ronaldo langsung berlari mendekati gawang. Setelah mengecoh satu bek Bilbao, Ronaldo menempatkan bola ke sudut kiri gawang Bilbao lewat tendangan kaki kanannya. Irazoiz pun hanya bisa terdiam melihat bola meluncur mulus ke gawangnya. Pertandingan pun berakhir dengan skor 3-0 untuk Madrid.

Susunan Pemain
Athletic Bilbao:
Gorka Iraizoz, Andoni Iraola, Xabier Castillo, Mikel San Jose Dominguez, Borja Ekiza, Pablo Orbáiz, Carlos Gurpegui, Aguinaga Javi Martinez (Ander Iturraspe 62), Fernando Llorente, Gaizka Toquero Pinedo (Igor gabilondo 78), Iker Munain

Real Madrid: Iker Casillas, Pepe, Sergio Ramos, Raúl Albiol, Álvaro Arbeloa, Ezequiel Garay (Ricardo Carvalho 77), Kaká, Lassana Diarra, Esteban Molina Granero, Angel Di Maria (Xabi Alonso 67), Gonzalo Higuaín (Cristiano Ronaldo 61)